CINTA ITU APA ?

Rabu, 19 November 2008

Untuk tema materi kali ini saya ingin menyampaikan tentang “ Cinta itu apa…?” semakin lama saya memahami “cinta” kadang hati saya menjadi bimbang, dan gundah tetapi sesekali saya juga merasakan begitu bahagia karena cinta, cinta menurut saya adalah sesuatu yang bisa membuat saya mengerti akan arti hidup yang saya jalani ini, karena cinta mengajarkan saya segalanya dari semangat hidup, kekecewaan, kebahagiaan, dan segala yang belum saya mengerti di dalam hidup ini, jika saudara memiliki pandangan yang sama atau malah berlawanan dengan yang ada dalam materi ini saya mohon koreksinya dan semoga kita bisa saling berbagi, bertukar pikiran untuk segala kebaikan dalam memaknai “cinta itu apa?” apa arti cinta? Kenapa…,bagaimana …,dsb.semoga dapat bermanfaat….amin.
Sebagian/artikel-artikel materi dalam web ini ada yang diambil dari artikel lain tidak dicantumkannya nama penulis demi keorizinalan materi yang disampaikan dan jika ada pihak-pihak yang kurang setuju Sebelumnya saya mohon maaf dan jika materi yg akan disampaikan kali ini ada yg sudah pernah membaca/mendapatkannya bisa dijadikan bahan koreksi lebih lanjut. Namun saya berharap semoga kita semua tetap bisa mengambil hikmah dari materi kali ini. Terutama untuk diri saya pribadi.

TENTANG CINTA
Artikel berikut saya dapatkan dari seorang sahabat,dan dia mendapatkannya entah dari mana mulanya tapi menurut saya ini patut untuk dicermati…

Cinta seperti matahari, ia tetap bercahaya.Walau malam menjelma, cahayanya pada bulan tetap menerangi,terkadang ia juga gerhana tetapi akan kembali jua kecerahannya.
Cinta adalah santapan jiwa.Jiwa tanpa cinta bagai rumah yang kosong. Cinta tanpa menjiwai bagai layang-layang putus tali.
Cinta adalah buta…cinta tidak mengenal usia, paras rupa, maupun kekayaan dan harta karun, tetapi dari keikhlasan dari hati setiap insan antara satu sama lain.
Tidak semua orang yang engkau cintai, mencintaimu dan sikap ramahmu kadang kala dibalas dengan sikap tidak sopan.Jika cinta suci tidak datang dari pada tabiatnya, maka tidak ada gunanya cinta yang dibuat-buat.
Sayang tidak bermaksud cinta.Suka tidak serasi dengan cinta. Kagum tidak bererti cinta. Bangga tidak semestinya cinta. Cinta adalah CINTA .
Cinta itu seperti sinar matahari, memberi TANPA mengharap kembali. Cinta itu seperti sinar matahari,TIDAK MEMILIH siapa yang ia sinari. Cinta itu seperti sinar matahari yang MEMBERI KEHANGATAN DI HATI..
Cinta umpama ‘treasure hunt’. Cita cita dan tujuan kita satu untuk menuju ke penamat yang paling menggembirakan.Namun di dalam perjalanan kita akan menghadapi berbagai rintangan dan cabaan.Andainya tidak mampu meneruskan, kita akan tersingkir dan hadiah utamanya akan di kebas orang lain.Tetapi tak usahlah kecewa.Walaupun hadiahnya tidak kita perolehi, tetapi keseronokannya kita sudah rasa.Jadi bercintalah sepenuh hati.Namun jangan letakkan harapan terlalu tinggi.
Kekecewaan terlalu pahit untuk ditelan, terlalu payah untuk dilupakan namun dalam cinta pasti akan merasai kecewa dan dikecewakan walau bukan itu matlamat dalam setiap percintaan.
Kadangkala orang yang paling mencintaimu adalah orang yang tak pernah menyatakan cintanya padamu karena orang itu takut kau berpaling dan menjauhinya.Dan bila dia suatu masa hilang dari pandanganmu….kau akan menyadari dia adalah cinta yang tidak pernah kau sadari….
Cinta sesuatu yang indah, cinta boleh buat kita gundah, cinta buat hati berdarah dan cinta jua boleh membawa kekesalan yang tak ada habis2nya.
Bahkan para pakar memilah-milah definisi cinta itu sendiri.
   1. Cinta terhadap keluarga
   2. Cinta terhadap teman-teman, atau philia
   3. Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
   4. Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
   5. Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
   6. Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisme
   7. Cinta akan sebuah konsep tertentu
   8. Cinta akan negaranya atau patriotisme
 Dalam cinta interpersonal, terdapat unsur-unsur di dalamnya. Diantaranya adalah :
    * Afeksi: menghargai orang lain
    * Ikatan: memuaskan kebutuhan emosi dasar
    * Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain
    * Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan
    * Commitment: keinginan untuk mengabadikan cinta
    * Keintiman emosional: berbagia emosi dan rasa
    * Kinship: ikatan keluarga
    * Passion: nafsu seksual
    * Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain
    * Self-interest: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi
    * Service: keinginan untuk membantu
Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.Mahatma Ghandi

Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta……

Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata itu menyapa air mata yg satu lagi," Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Siapa kamu pula?". Jawab titis air mata kedua tu," Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu sahaja." Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu. Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita.Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal,jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah,jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi,jika kamu masih tidak dapat melupakannya.Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi jika kamu mau berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi
titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.

0 comments: